Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out
DONASI ANDA UNTUK BLOG INI "DI KLIK IKLANNYA YA..!!!"^_^

Tuesday, June 8, 2010

Perawatan Sesudah Persalinan

Tuesday, June 8, 2010
Hikhikhik...
Postingan ini penulis tulis semenjak melihat istri teman, dia baru melahirkan anak yang pertama dan hmm bentuk tubuh yang proporsional-nya sangat...sangat...sangat berubah drastis.
Apa memang setiap orang habis melahirkan akan begitu berubahnya bentuk tubuhnya? resiko nya orang yang  ingin punya momongan kali ya......!!
Ini dia sedikit tips dari penulis yang didapata dari beberapa sumber... ini juga kalo mau ngelakuinnya...

1. PERAWATAN tubuh seperti pijat plus aroma terapi. Selain nikmat, pijat dapat membantu mengurangi selulit dan memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, pijat juga dapat menyegarkan tubuh dan pikiran. Bila peredaran darah lancar dan energi tubuh meningkat, maka tumpukan lemak dalam tubuh akan berkurang, sekaligus membuat tubuh menjadi relaks.
   2. Selain perawatan tubuh, yang paling penting juga perawatan untuk mengencangkan kulit perut yang kendur akibat bersalin, yaitu dengan mengoleskan tapel daun sirih, jahe, klabet, jeruk nipis dan minyak kayu putih pada perut. Kemudian kenakan bengkung atau gurita, biasanya digunakan selama 40 hari setelah melahirkan.
   3. Oleskan juga pilis pada dahi setiap pagi sehabis mandi mulai hari pertama hingga hari ke-40 setelah melahirkan. Bahan-bahannya mengandung : ganthi, kencur, kunyit, pepermint dan kenanga. Dapat membantu meredakan rasa pusing dan memperlancar peredaran darah dan mencegah darah putih naik.
   4. Setelah itu, lanjutkan dengan memijat kaki, biasanya dengan menggunakan parem yang mengandung jahe, kencur, klabet dan sereh. Pijatan difokuskan pada telapak kaki sampai betis, tujuannya untuk melemaskan otot-otot yang tegang, memperbaiki peredaran darah, mencegah pelebaran pembuluh darah (varises) dan menghilangkan rasa letih. Perawatan dilakukan dua kali  sehari dan digunakan hingga 40 hari usai melahirkan.
   5. Minum jamu. Biasanya jamu yang diminum adalah jamu khusus untuk melahirkan selama 40 hari. Kandungan yang digunakan setiap minggu usai melahirkan berbeda-beda. Kegunaan jamu ini adalah untuk menyembuhkan luka-luka sehabis melahirkan dan menampakan kembali kecantikan anda.
   6. Perhatikan kualitas makanan. Jangan terlalu sering makan siang diluar rumah karena makanan yang tak terkontrol bisa menimbun banyak lemak. Bawalah bekal makanan sendiri dari rumah (apabila anda sudah masuk kerja). Jangan lupa isi bekal dengan asupan gizi baik. Makanan bergizi membuat kulit tampak sehat dan bersih.
   7. Bawalah cemilan sehat. Jika selama ini cemilan anda berupa gorengan, kue manis, cake, es krim ataupun cokelat beralihlah kemakanan sehat. Pilih buah-buahan segar, jus buah atau sayur, atau yoghurt. Sesekali mencoba ke manis boleh-boleh saja, tapi batasi hanya sepoting.
   8. Banyak minum air putih. Fungsi air putih dalam tubuh adalah untuk membawa nutrisi, membuang racun dalam tubuh dan menghanyutkan kotoran yang mengendap dalam tubuh. Minumlah air putih sebelum makan siang sehingga perut akan terasa penuh dan bisa mengurangi nafsu makan. Disamping itu kulit pun akan terlihat lebih lembab, segar dan bercahaya.
   9. Rajin olahraga. Olahraga tak hanya membuat seluruh tubuh menjadi kencang, tapi juga menjadikan tubuh sehat dan bugar. Postur tubuh anda juga pun jadi lebih baik. Untuk tahap pertama, pilih jenis olahraga ringan-ringan saja, seperti yoga, senam ringan, jalan kaki setiap pagi, barengi dengan membawa bayi anda berjemur pagi hari. Anda bisa melakukannya dirumah atau ditaman. [MI]

0 comments:

Post a Comment

Komentar dilarang yang berbau sara,politik... pokoknya yang baik-baik aja ya.. ^_^